MASA PANEN,HARGA KOPI ARABIKA MELOROT TAJAM

Posted by Hendi Prakoso Kamis, 20 Juni 2013 0 komentar
Foto : ANTARA/Anis Efizudin
Harga kopi arabika gelondong merah basah di tingkat petani Kabupaten Temanggung pada masa panen tahun ini turun tajam dibanding tahun lalu.


Seorang petani kopi Desa Tlahap, Kecamatan Kledung, Muhtarom, di Temanggung, Kamis, menyebutkan, harga kopi arabika pada awal musim panen tahun 2012 mencapai Rp4.500 per kilogram, namun sekarang hanya Rp2.300 per kilogram.

Ia menuturkan, harga kopi arabika di awal musim panen 2013 lebih rendah dibanding harga tahun lalu, padahal produksi kopi tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu.

"Biasanya kalau produksinya sedikit harga akan naik, tetapi sekarang produksinya turun harganya juga ikut turun," katanya.

Menurut dia, kopi arabika mempunyai kualitas yang lebih bagus dibanding dengan kopi jenis lain. Aroma dan rasa kopi arabika juga lebih harum dan mempunyai cita rasa yang lebih jika dibanding dengan jenis kopi lainnya.

Ia mengatakan, selisih harga antara kopi arabika dengan kopi jenis lainnya tidak jauh berbeda sehingga banyak petani kopi yang mengeluhkan hal tersebut.

"Berdasarkan informasi yang saya dapat, kopi arabika ini mutunya lebih bagus, tapi harganya hampir sama dengan kopi jenis lain, seharusnya harganya bisa lebih tinggi dari kopi jenis lainnya, bahkan harganya kadang di bawah jenis kopi lainnya," katanya.
(Sumber : antarajateng.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

ViralGen Referral Shopping