AYO.. BERWISATA KE KETEP PASS

Posted by Hendi Prakoso Selasa, 30 Juli 2013 0 komentar
Ketep Pass terletak di Kabupaten Magelang dan merupakan objek wisata alam gunung api, khususnya Gunung Merapi. Objek wisata ini terletak di ketinggian 1200m dpl. Luasnya sekitar 8000 m persegi. Ketep Pass menawarkan hawa yang sejuk dan juga panorama alam yang sangat indah, karena dari objek wisata ini pemandangan alam yang terbentang dari seluruh penjuru bisa terlihat. Melalui pelataran Panca Arga Anda bisa melihat gunung-gunung yang menjulang sangat indah.
Jika dari sisi sebelah timur kita bisa melihat Gunung Merapi dan Merbabu, dari sisi utara akan tampak Gunung Telomoyo yang masih masuk wilayah Kabupaten Semarang. Sedangkan pada sisi barat akan tampak Gunung Sindoro dan Sumbing di Kabupaten Temanggung dan Gunung Slamet yang ada di Kabupaten Purbalingga. Ketep Pass dikembangkan atas prakarsa dari Gubernur Jawa Tengah, yaitu H. Mardiyanto sebagai wisata kegunungapian di jalur Solo-Selo-Borobudur dan diresmikan tanggal 17 Oktober 2002 oleh Presiden RI saat itu, Megawati Sukarno Putri.
 
Volcano Theatre dan Volcano Centre
Untuk bisa melihat pemandangan gunung-gunung tersebut tersedia dua teropong yang ada di gardu pandang dan puncak Panca Arga yang merupakan lokasi tertinggi karena dapat melihat pemandangan gunung-gunung dari berbagai arah sekaligus. Pada gardu pandangnya berupa 2 buah gazebo yang masing-masing memiliki ukuran empat persegi panjang dan juga bangunan berbentuk segi delapan dengan panjang sisinya lima meter. Tempat ini cocok untuk bersantai dan melihat keindahan Gunung Merapi dan Merbabu serta hamparan sawah pada kedua kaki gunungnya. Jika Anda merasa kelaparan, banyak pedagang makanan yang berada di sekitar gardu pandang.
Selain itu ada Ketep Volcano Theatre dan Ketep Volcano Centre. Ketep Volcano Theatre merupakan sebuah tempat untuk pemutaran film-film dokumenter mengenai aktivitas Gunung Merapi dan mempunyai kapasitas hingga 78 kursi. Di film inilah diceritakan mengenai terjadinya berbagai macam kejadian di Gunung Merapi mulai dari penelitian, jalur-jalur pendakian sampai ledakan dahsyat dari Gunung Merapi. Sedangkan Ketep Volcano Centre merupakan gedung museum yang luasnya sekitar 550 meter persegi dan merupakan museum vulkanologi yang di dalamnya terdapat miniatur gunung Merapi, komputer untuk pengunjung yang berisi informasi kegunungapian dan beberapa bukti letusan berupa batu-batuan.
Selain itu Ketep Pass juga ditunjang dengan berbagai fasilitas pendukung seperti area parkir yang luas dan cukup untuk menampung bus-bus pariwisata. Di objek wisata ini juga terdapat restoran yang bisa Anda kunjungi dan nikmati jika merasa kelaparan. Karena letaknya yang berada di lantai atas Ketep Volcano Theatre, dari sana kita dapat makan sambil menikmati pemandangan panorama pegunungan karena pada sisi restorannya berdinding kaca. Fasilitas seperti toilet bersih juga tersedia di objek wisata ini dan juga sarana ibadah seperti mushola yang lebarnya lebih 10 m persegi yang memiliki bentuk bangunan yang sangat artistik.

 PELATARAN PANCA ARGA
Panca Arga mempunyai arti Lima Gunung,pada lokasi ini merupakan puncak tertinggi di Obyek Wisata Ketep Pass.Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat Lima Gunung yaitu Gunung Merapi,Gunung Merbabu,Gunung Sindoro,Gunung Sumbing dan Gunung Slamet.
Selain kelima Gunung tersebut pengunjung masih dapat melihat dan menikmati Gunung-Gunung kecil dan Bukit-bukit yang sangat indah antara lain,Gunung Tidar,Gunung Andong,Gunung Pring,Bukit Menoreh,Bukit Telo Moyo dll.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

ViralGen Referral Shopping