PANTAI SUWUK KEBUMEN

Posted by Hendi Prakoso Selasa, 14 Mei 2013 0 komentar

Para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Suwuk di Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kebumen, akan semakin dipermudah dengan fasilitas jalan keliling pantai.

Pada 2013 ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan melengkapi sarana jalan keliling atau pavingisasi jalan keliling senilai Rp 2 miliar. Dengan fasilitas tersebut para pengunjung akan semakin mudah menjangkau lokasi pantai yang disukai dengan menjangkau ke bibir pantai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kebumen Drs H Hery Setyanto mengemukakan, jalan masuk tersebut sudah dibuat tahun lalu sepanjang sekitar dua ratus meter. Tahun ini akan ditambah lagi sepanjang 600 meter. Bagi pengunjung yang datang naik
sepeda motor atau mobil pribadi pun bisa parkir di lokasi yang disenangi.


Menurut Hery, penambahan fasilitas tersebut untuk menjaring wisatawan semakin banyak datang ke Pantai Suwuk, Apalagi tahun lalu target yang dibebankan terlampaui. Dari target pendapatan sebesar Rp 553 juta, tercapai Rp 758 juta.

Bertahap

Menurut Heri Setyanto, penambahan fasilitas di Pantai Suwuk akan dilakukan secara bertahap. Bahkan direncanakan akan dibangun jembatan penyeberangan ke Pantai Karangbolong melalui muara Kali Suwuk. Jembatan penyeberangan itu diharapkan bisa memudahkan wisatawan mengunjungi dua pantai tersebut.

Namun Heri mengakui, ada kendal dalam perencanaan gambar. Sebab konstruksi jembatan penyeberangan tersebut memang bersifat khusus
karena berada di areal muara sungai dan di atas pantai berkarang. Namun pihaknya optimis pada saatnya jika Pemkab telah memiliki dana akan bisa terwujud.

Fasilitas lain yang akan ditambah yakni lokasi parkir, taman serta tempat cindera mata. Bahkan pihaknya mengundang pihak ketiga untuk membuka rumah makan yang memadai bagi pengunjung. Saat ini di kawasan Pantai Suwuk dipenuhi warung kecil dan baru ada satu dua rumah makan. (B3-86/suaramerdeka)

0 komentar:

Poskan Komentar

Total Tayangan Laman